25 Juni 2014

Peta Provinsi di Pulau Kalimantan

Semua gambar Peta 34 Provinsi Di Indonesia disajikan dalam file yang berukuran besar, sengaja dipisahkan per halaman agar ringan dibuka, nyaman, mudah di download. Silahkan klik nama provinsi untuk langsung menuju ke bagian tentang provinsi bersangkutan.

Untuk mempermudah pencarian, dalam postingan ini saya kelompokkan berdasar kedudukan geografis propinsi atau berdasarkan keberadaan propinsi di suatu pulau di Indonesia.

Peta Indonesia 34 Provinsi


Kalimantan atau Borneo (toponim: Kalamantan,[1] Calémantan[2][3], Kalémantan[4], Kelamantan, Kilamantan, Klamantan, Klémantan, K'lemantan, Quallamontan[5]) adalah pulau terbesar ketiga di dunia yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi. Pulau Kalimantan dibagi menjadi wilayah Brunei, Indonesia (dua per tiga) dan Malaysia (sepertiga). Pulau Kalimantan terkenal dengan julukan "Pulau Seribu Sungai" karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini.

Pada zaman dahulu, Borneo -- yang berasal dari nama kesultanan Brunei -- adalah nama yang dipakai oleh kolonial Inggris dan Belanda untuk menyebut pulau ini secara keseluruhan, sedangkan Kalimantan adalah nama yang digunakan oleh penduduk kawasan timur pulau ini yang sekarang termasuk wilayah Indonesia.[6][7] Wilayah utara pulau ini (Sabah, Brunei, Sarawak) untuk Malaysia dan Brunei Darussalam. Sementara untuk Indonesia wilayah Kalimantan Utara, adalah provinsi Kalimantan Utara.

Dalam arti luas "Kalimantan" meliputi seluruh pulau yang juga disebut dengan Borneo, sedangkan dalam arti sempit Kalimantan hanya mengacu pada wilayah Indonesia.

Kalimantan

Geografi
Lokasi
Koordinat
Kepulauan
Luas
743,330 km²
Ketinggian tertinggi
4,095 m
Puncak tertinggi
Negara
Brunei
Distrik
Indonesia
Provinsi
Malaysia
Negara bagian
Demografi
Populasi
16 juta (per 2000)
Kepadatan
22
 
Untuk melihat Peta Provinsi di Indonesia klik link beikut:


Sumber: Wikipedia bahasa Indonesia, dan beberapa sumber lain yang relevan
.

Tidak ada komentar :