24 Juni 2014

Peta Provinsi di Pulau Jawa

Semua gambar Peta 34 Provinsi Di Indonesia disajikan dalam file yang berukuran besar, sengaja dipisahkan per halaman agar ringan dibuka, nyaman, mudah di download. Silahkan klik nama provinsi untuk langsung menuju ke bagian tentang provinsi bersangkutan.

Untuk mempermudah pencarian, dalam postingan ini saya kelompokkan berdasar kedudukan geografis propinsi atau berdasarkan keberadaan propinsi di suatu pulau di Indonesia.


Jawa adalah sebuah pulau di Indonesia dengan penduduk sekitar 136 juta. Pulau ini berpenduduk terbanyak di dunia dan merupakan salah satu wilayah terpadat di dunia. Jawa dihuni oleh 60% penduduk Indonesia. Ibu kota Indonesia, Jakarta, terletak di Jawa bagian barat. Banyak sejarah Indonesia berlangsung di pulau ini. Dahulu, Jawa adalah pusat beberapa kerajaan Hindu-Buddha, kesultanan Islam, pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, serta pusat pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pulau ini berdampak besar terhadap kehidupan sosial, politik, dan ekonomi Indonesia.

Jawa adalah pulau yang sebagian besar terbentuk dari aktivitas vulkanik, merupakan pulau ketiga belas terbesar di dunia, dan terbesar kelima di Indonesia. Deretan gunung-gunung berapi membentuk jajaran yang terbentang dari timur hingga barat pulau ini. Terdapat tiga bahasa utama di pulau ini, namun mayoritas penduduk menggunakan bahasa Jawa. Bahasa Jawa merupakan bahasa ibu dari 60 juta penduduk Indonesia, dan sebagian besar penuturnya berdiam di pulau Jawa. Sebagian besar penduduk adalah bilingual, yang berbahasa Indonesia baik sebagai bahasa pertama maupun kedua. Sebagian besar penduduk Jawa adalah Muslim, namun terdapat beragam aliran kepercayaan, agama, kelompok etnis, serta budaya di pulau ini.

Pulau ini secara administratif terbagi menjadi empat provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten; serta dua wilayah khusus, yaitu DKI Jakarta dan DI Yogyakarta.


Jawa

                                                  Topografi Jawa



Geografi
Lokasi
Koordinat
Kepulauan
Luas
126.700 km² (48.919,1 mil²)
Ketinggian tertinggi
3.676 meter (12.060 kaki)
Puncak tertinggi
Negara
Indonesia
Provinsi
Kota terbesar
Demografi
Populasi
124 juta (per 2005)
Kepadatan
979
Kelompok etnik
Untuk melihat Peta Provinsi di Indonesia klik link beikut:


Sumber: Wikipedia bahasa Indonesia, dan beberapa sumber lain yang relevan

Tidak ada komentar :